Home » , » Panduan Mengajar yang baik

Panduan Mengajar yang baik

Panduan mengajar yang baik secara umum

Panduan mengajar ini bersifat umum , artinya bisa di praktekkan di semua tingkatan sekolah atau bisa di segala bidang pelajaran. 
sementara panduan mengajar secara khusus menurut tingkatannya saya tulis di halaman berikutnya. dan untuk menjadi seorang pengajar yang baik harus mengaplikasikan panduan secara umum dan khusus menurut tingkatannya.

baiklah kita bahas satu persatu panduan mengajar ini

1. Pelajari anak didik

Sebelum memulai dengan mengisi rentetan materi pelajaran , sebaiknya seorang pengajar terlebih dahulu mempelajari anak didiknya , mulai dari karakter , sifat , dan menyimpulkan iq si anak . sehingga seorang pengajar bisa menyimpulkan cara mengajar yang bisa diterapkan di dalam kelas belajarnya.
buat catatan kecil tentang si anak didik dengan prilaku khusus dan memerlukan perlakuan khusus

2. Kuasai materi pelajaran

Menguasai materi pelajaran adalah hal mutlak untuk menjadi seorang pengajar yang baik. dan minimal standar penguasaan materi adalah 80 % .
Pelajari materi dari berbagai sumber penerbit buku pelajaran. buat sebuah diktat , atau sebuah rangkuman yang bisa mewakili materi pelajaran .
jika tidak sempat membuat diktat pergunakan buku lembar siswa yang paling mewakili kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlaku.
test penguasaan materi bisa dilakukan dengan mengisi soal-soal materi yang diambil dari buku buku latihan , kumpulan soal , atau bank soal. 

3. Buat Prota ( Program Tahunan )

prota ( Program Tahunan ) yang bisa menjadikan alur pengajaran sesuai pada jalur dan menitik beratkan pada hasil akhir setahun belajar

4. Buat Promes ( Program Semester )

Promes merupakan acuan program yang dirancang dalam jangka waktu persemester secara terperinci dan merupakan rincian dari program tahunan.

5. Buat RPP ( Rencana Program Pembelajaran )

RPP merupakan salah satu kewajiban mutlak untuk menjadi seorang pengajar yang baik . karena dengan membuat RPP proses belajar mengajar akan lebih mudah dan bertarget. serta lebih terarah.

ke 5 poin diatas merupakan syarat yang bersifat umum untuk menjadi seorang pengajar yang baik. yang harus di aplikasikan dengan syarat bersifat khusus yang tentunya berbeda beda menurut tingkatannya. atau materi pelajarannya.


Thanks for reading Panduan Mengajar yang baik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
blog panduan
Blog Panduan Updated at: Monday, February 01, 2016

1 komentar:

  1. Bagus artikelnya sangat membantu jadi nambah satu poin wawasan trmks mas oyonk..

    ReplyDelete